Apakah Timor Leste Masuk Dalam Anggota ASEAN? Ini Jawabannya!

 Negara ASEAN ada berapa sebenarnya?

Jadi kali ini saya akan sedikit menjelaskan mengenai negara yang dulunya adalah bagian dari Indonesia, Timor Leste. Kalau kalian di sekolah beberapa guru pasti ada yang mengatakan kalau ASEAN itu ada sebelas negara. Tapi, ada juga yang mengatakan 10 negara. Nah, mana sih yang benar?

Jadi secara resmi, Anggota negara ASEAN itu ada 10 teman-teman. Timor Leste sendiri belum menjadi anggota resmi ASEAN. Walau begitu, pengajuan untuk menjadi negara anggota ASEAN sudah disampaikan dari tahun 2011 lalu. Namun, hingga kini masih dibahas lebih lanjut soal pengajuan keanggotaan tersebut oleh 10 negara lain di asia tenggara yang tergabung dalam ASEAN. Wah lama sekali ya pemutusan untuk memasukan satu negara aja. Kira- kira apa aja ya yang jadi pertimbangan


Alasan Timor Leste belum jadi anggota ASEAN

1. Politik yang belum stabil

Kalau yang satu ini sebenernya hal yang bisa dikatakan wajar. Indonesia yang sudah merdeka dari tahun 1945 juga sering sekali mengalami hal ini bahkan hingga sekarang. Apalagi negara Timor Leste yang dikategorikan negara yang sangat muda. Yap, negara ini baru merdeka pada tahun 2002 ketika lepas dari pemerintahan Indonesia saat itu.


2. Ekonomi yang masih rentan

Bidang ekonomi Timor Leste masih sangat bergantung pada Minyak dan gas alam. Selain itu, Timor Leste adalah salah satu negara yang memperoleh jumlah sumbangan terbesar dari dunia Internasional. Pihak negara- negara ASEAN menjadi ragu karena kondisi ini bisa menghambat program kerja mereka terutama Masyarakat Ekonomi ASEAN.  Negara yang sangat memperhatikan kondisi ini adalah Singapura.


Walau begitu mayoritas negara pada dasarnya sudah setuju kalau mereka akan memberikan kesempatan untuk Timor Leste menjadi bagian dari ASEAN.


Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Timor Leste Masuk Dalam Anggota ASEAN? Ini Jawabannya!"

Posting Komentar