Bencana Alam Yang Biasa Menimpa Wilayah Asia Tenggara (ASEAN)

Wilayah asia tenggara pastinya pernah mengalami bencana alam baik yang sangat berbahaya maupun tidak terlalu berbahaya. Di asia tenggara cenderung lebih sering mengalami bencana alam banjir, longsor, tsunami, dsb. Berikut nama- nama bencana tersebut :


  1. Tanah Longsor
Tanah longsor biasanya terjadi karena penebangan pohon secara liar sehingga menyebabkan tanah pada dataran tinggi melemah sehingga jatuh beserta batu- batu yang ada dan menimpa wilayah dataran rendah. Peristiwa ini dapat dicegah dengan cara tidak menebang pohon secara liar


      2.Tsunami

Tsunami terjadi karena tidak stabilnya gelombang ombak laut sehingga gelombang tersebut membentuk ombak yang sangat besar dan cepat yang menyebar kesegala arah sehingga dapat menghantam apapun yang ada di depan ombak tersebut.


     3.Banjir

Banjir umumnya terjadi karena ketidak disiplinan masyarakat dalam membuang sampah sehingga sampah menumpuk dan menyumbat selokan dan air hujan pun tidak dapat di serap lalu menggenang. Penyebab lainnya adalah pembuangan limbah pabrik ke sungai menyebabkan air tercemar dan tersumbat.


    4.Gempa bumi

Gempa Bumi ada dua jenis yaitu gempa bumi vulkanik dan tektonik.Gempa bumi vulkanik terjadi karena meletusnya gunung berapi, sementara gempa bumi tektonik terjadi karena pergeseran lempengan bumi yang dapat membuat guncangan yang sangat dahyat


dan lain- lain






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bencana Alam Yang Biasa Menimpa Wilayah Asia Tenggara (ASEAN)"

Posting Komentar